4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dan PC

Sangat menyebalkan ketika file-file penting  di laptop atau komputer (PC) terhapus karena kecerobohan sendiri. Selain itu, file tersebut berisi banyak data penting untuk pekerjaan. Selain karena kelalaian kita sendiri, file yang terhapus juga bisa disebabkan oleh  kegagalan hardware, virus atau pencurian data. Tapi jangan khawatir, Anda dapat memulihkan file yang terhapus. Oleh karena itu, artikel  ini menjelaskan cara memulihkan file yang terhapus dengan cara yang akurat dan mudah. Nah jangan panik. Berikut beberapa cara untuk memulihkan file yang terhapus secara permanen di laptop atau PC dari manual ke menggunakan software:

Via Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat, wadah, atau direktori untuk menyimpan file-file sementara yang telah dihapus, artinya ketika Anda mengklik tombol Hapus, file tersebut tidak dihapus secara permanen, melainkan dipindahkan ke folder Recycle Bin. Daur ulang dan tunggu 30 hari hingga file terhapus secara otomatis. permanen oleh komputer. Umumnya, recycle bin terletak di desktop komputer. Ikuti langkah-langkah ini untuk memulihkan file yang dihapus tanpa perangkat lunak: Klik tombol Mulai dan temukan menu pengaturan Di  menu pengaturan, klik Personalisasi ==> Tema. Pada halaman berikutnya, cari menu pengaturan ikon desktop di sisi kanan layar. Kemudian pastikan kotak centang Recycle Bin dicentang. Dalam hal ini, klik OK. Ikon recycle bin akan muncul di desktop.Untuk memulihkan file atau folder yang sebelumnya dihapus, klik kanan  file dan pilih Pulihkan.

Fitur Restore Previous Versions

Metode ini digunakan ketika file yang diinginkan telah dihapus dari Recycle Bin. “Pilihkan ke versi sebelumnya” Yaituu adalah copy dari file yang dibuat oleh windows Backup. Untuk memulihkannya: Klik menu Start. Kemudian klik folder yang sebelumnya berisi file atau folder yang dihapus.Klik kanan folder. Pilih Pulihkan Versi Sebelumnya. Klik Buka untuk melihat daftar file atau folder yang tersedia sebelumnya. Kemudian klik Pulihkan untuk file atau folder yang dipulihkan. Selesai Deh! 

Akses Command Prompt

Cara selanjutnya untuk memulihkan file yang terhapus  adalah dengan menggunakan command prompt Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti: Akses Command Prompt dari bilah pencarian atau Ctrl+F. Ketik cmd di bilah pencarian. Kemudian kalian bisa klik kanan dan piliih Run As Administrator. Kemudian ketik chkdsk X: /f. Ganti X dengan nama drive tempat file yang dihapus disimpan. Kemudian ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:* ,  Sama seperti sebelumnya tanda X diganti dengan nama sesuai dengan hardisk yang ingin kalian pilih. Folder yang dihapus akan ditempelkan setelahnya.Harap jangan menyimpan, memindahkan, atau menghapus file apa pun di PC selama proses berlangsung. Ini dilakukan untuk mencegah file ditimpa ataupun tertimpa. 

Manfaatkan File History (Windows 10)

Selain menggunakan command dan command prompt di atas, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan fitur File History. Fitur ini hanya tersedia di sistem operasi Windows 10 dan menggantikan Backup and Restore  di Windows 7 dan Windows 8. Namun, Anda harus membuat cadangan terlebih dahulu agar metode ini berfungsi, dengan kata lain, Anda dapat melindungi dan mencegah kehilangan file.Berikut langkah-langkahnya: Buka menu Setting, pilih Update & Security. Kemudian klik Cadangkan dan pilih Tambah Drive. Setelah mengklik Add  Drive,  daftar partisi hard drive eksternal yang dapat digunakan untuk menyimpan cadangan akan muncul. Klik pada partisi yang dapat dipilih atau hard drive eksternal.Harap dicatat bahwa Anda tidak dapat menempatkan cadangan pada partisi yang sama. Jika komputer atau laptop Anda hanya memiliki satu partisi, silakan gunakan hard drive eksternal.

Nah itulah beberapa cara mengembalikan file yang sudah hilang di PC kalian. Semoga berhasil.